RUKO GRAND GALAXY CITY BLOK RSN 1 NO 51
021 8273 7277
yeskaryaindonesia@gmail.com

Pembagian Jenis Jenis Alat Peraga Pendidikan

Pembagian Jenis Jenis Alat Peraga Pendidikan

alat peraga pendidikan matematika

Pembagian Jenis Jenis Alat Peraga Pendidikan

Berbicara mengenai alat peraga, sebenarnya Jenis alat peraga sendiri ada banyak sekali, dimana dalam pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan relevansinya dengan materi yang akan diajarkan. Namun secara garis besar, jenis jenis alat peraga pendidikan dibedakan menjadi dua yaitu:

Alat peraga lihat atau visual aids

Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulasi indera penglihatan pada saat terjadinya proses pembelajaran. Alat peraga jenis ini juga dibadi menjadi dua jenis yaitu alat peraga yang diproyeksikan dan alat peraga yang tidak diproyeksikan.

Alat peraga yang diproyeksikan meliputi slide, strip, film dan sebagainya, sementara alat peraga visual yang tidak diproyeksikan meliputi benda baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, peta, bagan, grafik, gambar, antagomi, globe dan sebagainya.

Alat peraga dengar audio aids

Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulasi indera pendengar pada saat terjadinya proses pembelajaran, misalnya video cassette, pita suara, piringan hitam dan sebagainya. Seperti halnya alat peraga visual, alat peraga audio ini juga dibedakan dalam dua jenis yaitu alat peraga audio sederhana dan rumit.

Alat peraga audio sederhana adalah jenis alat peraga dengan menggunakan alat-alat sederhana yang biasa didesain sendiri atau tersedia di lingkungan, sementara alat peraga audio rumit adalah jenis alat peraga audio yang berteknologi seperti misalnya slide film video, video cassette dan sebagainya.

Baik alat peraga audio maupun alat peraga visual, masing-masing memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda, demikian juga dengan kelebihan serta kekurangannya. Untuk menentukan pilihan yang paling tepat dan sesuai agar mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal tentu saja harus dengan menyesuaikan jenis alat peraga dengan materi yang akan diajarkan.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mata merupakan indera manusia yang menyerap lebih banyak informasi dibandingkan dengan indera lainnya yaitu sebesar 75%-85%. Meski demikian pemilihan jenis alat peraga juga harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta relevan dengan materi yang akan dipelajari.

Karena berbeda materi pendidikan, kharakter siswa dan tujuan yang ingin dicapai, maka akan berbeda juga jenis alat peraga yang tepat untuk digunakan.

Pemilihan jenis alat peraga ini harus dilakukan dengan tepat, sebab penggunaan alat peraga dalam proses pendidikan adalah sebagai pengganti objek nyata sehingga dapat memberikan stimulasi kepada siswa dalam memahami dan menangkap materi yang disampaikan oleh guru.

Pemilihan alat peraga yang salah atau kurang tepat juga dapat berdampak fatal, yakni kesalahan penerimaan informasi atau materi pendidikan oleh siswa.

Untuk menentukan jenis alat peraga manakah yang paling sesuai dan tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah jenis materi yang akan disampaikan, lokasi belajar, kharakteristik siswa dan tentu saja metode pengajaran yang digunakan.

Dengan pemilihan jenis alat peraga pendidikan yang tepat dan sesuai didukung dengan penggunaan yang maksimal dan SDM pengajar yang mumpuni, tentu saja akan memberikan hasil pembelajaran yang lebih maksimal.

 

One Response

  1. Kusnadi says:

    Mohon list daftar harga alat pendidikan SLB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.