RUKO GRAND GALAXY CITY BLOK RSN 1 NO 51
021 8273 7277
yeskaryaindonesia@gmail.com

Syarat-Syarat Alat Peraga Pendidikan

Syarat-Syarat Alat Peraga Pendidikan

alat peraga pendidikan matematika

Syarat-Syarat Alat Peraga Pendidikan
Menurut E.T Ruseffendi, beberapa persyaratan yang harus dimiliki alat peraga diantara lain sebagai berikut ini :

-Tahan lama (dibuat dari bahan-bahan yang cukup kuat ).
-Bentuk dan warnanya menarik.
-Sederhana dan mudah dikelola.
-Ukurannya sesuai (seimbang) dengan fisik anak.
-Dapat menyajikan konsep matematika baik dalam bentuk real, gambar, atau diagram.
-Sesuai dengan konsep matematika.
-Dapat memperjelaskan konsep matematika dan bukan sebaliknya.
-Peragaan itu supaya menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berfikir abstrak bagi siswa.
-Menjadikan siswa belajar aktif dan mandiri dengan memanipulasi alat peraga.
-Bila mungkin alat peraga tersebut bisa berfaedah lipat (banyak).

Kesepuluh persyaratan alat peraga diatas dapat kita pergunakan sebagai poin-poin dalam kriteria untuk penilaian sesuatu alat peraga. Menurut Ruseffendi menggunakan alat peraga tidak selamanya membuahkan hasil belajar yang lebih meningkat, lebih menarik, dan sebagainya. Adakalanya menyebabkan kegagalan perserta didik dalam belajar. Kegagalan itu akan nampak bila :

-Generalisasi konsep abstrak dari representasi hal-hal yang konkret tidak tercapai.
-Alat peraga yang digunakan hanya sekedar sajian yang tidak memiliki nilai-nilai yang tidak menunjang konsep-konsep dalam matematika.
-Tidak disajikan pada saat yang tepat.
-Memboroskan waktu.
– Diberikan pada anak yang sebenarnya tidak memerlukannya, dan tidak menarik serta mempersulit konsep yang dipelajari.

Namun mengingat penggunaan alat peraga tidak selamanya membuahkan hasil belajar yang baik seperti yang telah diuraikan diatas, maka selain mempertimbangkan kriteria-kriteria tersebut, untuk memilih alat peraga yang tepat harus pula mempertimbangkan 5 hal sebagai berikut :

Tujuan (obyektif)

Pemilihan kriteria alat peraga yang tepat dapat mempengaruhi tujuan pembelajaran yang akan dicapai apakah alat peraga tersebut mampu meningkatkan domain, kognitif, psikomotor yang merupakan tujuan dari sebuah pembelajaran.

Materi Pelajaran

Alat peraga biasanya dipakai untuk membantu siswa dalam memahami sebuah konsep dasar dalam materi pembelajaran matematika sehingga memudahkan siswa dalam pemahaman materi dalam ruang lingkup dan kesukaran yang lebih tinggi. Peragaan untuk konsep dasar digunakan untuk mempermudah konsep selanjutnya.

Strategi Belajar Mengajar

Dengan menggunakan alat peraga pendidikan maka akan mempermudah guru didalam menerapkan strategi didalam mengajar. Penggunaan alat peraga merupakan strategi pengajaran dalam metode penemuan ataupun permainan.

Kondisi

Media alat peraga pendidikan membantu guru pada kondisi-kondisi tertentu misalnya saja pada kondisi kelas yang penuh dengan siswa sehingga diperlukan pengeras suara untuk mempermudah guru agar dapat didengar oleh siswanya saat menjelaskan materi.

Siswa

Alat peraga pendidikan dapat digunakan bila siswa memang benar-benar memerlukannya untuk memahami suatu konsep, sedangkan apabila siswa tersebut proses berfikirnya sudah tidak perlu dengan pertolongan alat peraga maka akan percuma kita menggunakan alat peraga tersebut.

Pemilihan alat peraga pendidikan disesuaikan dengan apa yang disukai oleh anak misalnya saja alat peraga yang berupa permainan namun hal tersebut tentunya tidak lepas dari tujuan materi, dan strategi pembelajaran yang cocok.

Kelima macam kriteria pemilihan alat peraga di atas bukanlah merupakan hal yang mutlak harus dipenuhi, tetapi minimal kita harus berpedoman kepada hal-hal di atas apabila akan menentukan alat peraga yang akan digunakan, sebab terpenuhi kriteria pemilihan alat yang ideal mungkin bukanlah suatu yang mudah untuk ditentukan, bahkan mungkin tidak akan pernah tercapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.